Senin, 11 Mei 2015

Cara membuat bom asap sederhana

Nah ini dia gan cara membuat suatu bom asap sederhana.
Sekarang kita belajar buat bom asap sederhana berbentuk tabung atau dapat dikatakan bom asap tabung ..
Nah jgn tunggu lama kata pengantarnya ya �� , silahkan baca penjelasan nya :

Membuat Bom Asap Tabung

1.
Siapkan bahan-bahan yang Anda butuhkan. Bom asap terbuat dari ramuan sederhana potasium nitrat dan gula. Dengan menghaluskan bahan-bahan ini dan mencampurnya jadi satu, Anda dapat menciptakan bom asap yang sama baiknya dengan produk yang dibeli dari toko. Ini yang Anda akan butuhkan:
Siapkan potasium nitrat, juga disebut saltpeter.
Belilah gula.
Siapkan soda kue.
Siapkan tabung karton. Tabung seukuran kardus gulungan tisu toilet akan baik digunakan. Potong karton menjadi beberapa kepingan. Tempel satu kepingan pada salah satu ujung tabung. Simpan kepingan kedua untuk digunakan setelah tabung terisi dengan bubuk yang Anda akan buat.
Siapkan sumbu pendek untuk dimasukkan ke dalam bom asap.
2.
Pakai alat pengaman. Kenakan sarung tangan, kacamata, dan masker penyaring agar Anda aman ketika melakukan eksperimen.
3.
Haluskan bahan-bahan. Gunakan penggiling kopi (yang tidak pernah Anda gunakan lagi untuk menggiling kopi) atau lumpang dan alu, haluskan bahan-bahan secara terpisah. Haluskan saltpeter sampai menjadi bubuk halus, kemudian haluskan gula. Karena bahan-bahan ini mudah terbakar, Anda harus sangat berhati-hati untuk menghindari percikan ketika menghaluskan bahan-bahan.
4.
Tentukan jumlah bubuk-bubuk tersebut dan campurkan menjadi satu. Rasio yang Anda butuhkan adalah tiga bagian saltpeter dan dua bagian gula. Timbang bubuk-bubuk ini dengan menggunakan timbangan dapur, kemudian letakkan di dalam mangkuk dan campurkan menjadi satu.
5.
Campurkan soda kue.
6.
Tuang bubuk campuran ke dalam tabung karton. Agar lebih mudah dituang, Anda dapat menggunakan corong, atau masukkan bubuk ke dalam kantong plastik kecil dan potong salah satu ujungnya, kemudian tuang.
7.
Tempel kepingan satunya di atas tabung. Pastikan kepingan tersebut terpasang dengan baik.
8.
Masukkan sumbu atau sepotong kawat dilumuri cairan pembakar. Potong lubang kecil di tutup tabung, kemudian masukkan sumbu ke dalamnya. Sumbu harus cukup panjang untuk memberi waktu pada Anda untuk menjauh ketika menyalankan sumbu.
9.
Letakkan bom di suatu tempat yang strategis. Letakkan di area luar ruangan yang tidak ada gedung, pohon, orang, dan hewan peliharaan. Jangan pernah nyalakan bom asap di dalam ruangan.
10.
Nyalakan sumbu. Menjauhlah ketika sumbu sudah dinyalakan, dan nikmati bom asap Anda.

Nah itu dia langkah-langkah untuk membuat bom asap tabung .
Selamat kepada teman sekalian yang bisa melakukan eksperimen ini
Jika eksperimennya gagal jangan berkecil hati dan jgn patah semangat ya , ayo berusaha terus yakinlah pasti teman sekalian bisa .

Sekian dari saya , saya ucapkan terimakasih

~Oloando Bonafasius S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar