Kamis, 21 Mei 2015

Peranan Roh Kudus bagi Gereja

a. Roh Kudus berperan melalui para penerus rasul untuk mempersatukan Gereja-Nya. Hal ini terbukti dengan adanya kesatuan Gereja Katolik di bawah pimpinan Paus, sebagai penerus Rasul Petrus yang mengajarkan kesatuan pengajaran yang bersumber dari ajaran Kristus dan para rasul. Melalui pengajaran para penerus rasul ini, Roh Kudus membimbing Gereja sampai kepada kepenuhan kebenaran.

b. Roh Kudus melengkapi Gereja dengan bermacam karunia dan buah- buah rahmat-Nya, untuk mempersatukan, mendewasakan dan menggerakkan Gereja.

c. Roh Kudus membawa kehidupan baru kepada umat beriman, karena terus menerus menginsyafkannya tentang dosa (lih. Yoh 16:8-11), sehingga pertobatan yang terus menerus ini membawa umat kepada kedewasaan iman, dan menggerakkannya untuk terus berbuat kasih dan kebaikan.

d. Roh Kudus berperan dengan kuasa-Nya untuk menghadirkan Kristus secara sakramental di dalam Gereja [khususnya di dalam Ekaristi Kudus], sehingga dengan demikian Gereja dapat terus hidup, berkarya dan bertumbuh sampai akhir jaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar